Tuesday, May 4, 2010

aturan permainan Super Deal 2 Milyar

Ingin main di kuis Super Deal 2 Milyar? lihat dulu aturan permainan Super Deal 2 Milyar

Pembawa acara akan memilih beberapa orang yang beruntung untuk mengikuti sebuah permainan. Pemenang dari permainan ini akan masuk ke babak trading area. Di babak trading area inilah kontestan akan saling tukar-menukar hadiah, antara hadiah yang telah dimiliki kontestan dengan hadiah yang ditawarkan pembawa acara. Tawar-menawar akan terus dilakukan hingga tidak ada lagi hadiah yang dapat ditawarkan. Hadiah yang dimenangkan dapat berupa uang tunai, barang berharga, alat transportasi, atau zonk. Babak trading area ini akan berlangsung 4 kali tiap episode. Pada Mei 2010, babak trading area dilakukan sebanyak 5 kali. Pada sebuah segmen, aditya menawarkan kontestan untuk memilih salah satu dari tiga tirai.

Kontestan kemudian memilih misalnya tirai pertama. “Deal? Deal?” tanya Aditya. Dan dijawab dengan mantap “Deal!” Setelah itu aditya akan membuka tirai nomor tiga dan memperlihatkan isinya, ternyata isinya adalah ‘Zonk’. Walaupun sudah ‘deal’, aditya akan kembali menawarkan pilihan apakah kontestan akan tetap bersikukuh memilih tirai pertama, atau mengganti pilihannya menjadi tirai nomor dua. Pilihan manakah yang lebih menguntungkan kontestan?
Pada pilihan pertama, kontestan dipersilakan untuk memilih satu di antara tiga tirai dan salah satunya adalah hadiah utama berupa mobil. Dalam hal ini dapat dengan mudah diketahui bahwa probabilitas kontestan menjawab ‘benar’ adalah 1/3.
Sedangkan pada pilihan kedua, salah satu tirai yang berisi ‘Zonk’ telah dibuka oleh aditya. Sekarang kontestan dipersilakan untuk memilih satu dari dua tirai, dan salah satunya berisi mobil. Logika pada umumnya mengatakan bahwa probabilitas peserta mendapat mobil kini menjadi 1/2, terlepas dari apakah kontestan tetap memilih pilihan semula ataupun mengubah tirai pilihannya.
Tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Pilihan kontestan turut mempengaruhi probabilitas memilih tirai yang ‘benar’. Jika kontestan tetap memilih tirai yang sama maka probabilitas dia mendapatkan mobil hanyalah 1/3. Dan jika kontestan mengubah tirai pilihannya, maka probabilitas mendapatkan mobil naik menjadi 2/3. Mengapa seperti itu?
Pada saat aditya menanyakan pilihan tirai untuk kedua kalinya, ada tiga situasi yang mungkin terjadi dengan probabilitas sama besar yaitu 1/3:
1. Kontestan pada awalnya memilih tirai berisi Zonk pertama. aditya kemudian membuka tirai Zonk kedua.
2. Kontestan pada awalnya memilih tirai berisi Zonk kedua. aditya kemudian membuka tirai Zonk pertama.
3. Kontestan pada awalnya memilih tirai berisi mobil. aditya kemudian membuka salah satu tirai lainnya yang berisi Zonk.
Jika kontestan memilih untuk mengubah pilihannya, maka dia akan memenangkan mobil jika situasi yang terjadi adalah nomor 1 atau 2. Dan karena dua dari tiga situasi memungkinkan dimenangkan dengan mengubah pilihannya, maka probabilitas untuk memenangkan mobil jika kontestan mengubah pilihannya adalah 2/3.
Dan sebaliknya, jika kontestan tetap pada pilihan semula, maka dia akan mendapatkan mobil hanya pada situasi nomor 3, atau hanya 1/3 kemungkinan. Tentunya ada syarat-syarat supaya paradoks ini dapat dipenuhi:
* pembawa acara sudah mengetahui sebelumnya apa yang ada di balik masing-masing tirai.
* pembawa acara selalu membuka tirai Zonk dan tidak membuka tirai berisi mobil pada kesempatan pertama.
* pembawa acara selalu memberi tawaran untuk mengubah pilihan kepada kontestan.

Di Amerika Serikat, masalah ini dikenal sebagai paradoks Monty Hall, diambil dari nama pembawa acara Let’s Make a Deal yang merupakan acara aslinya di Amerika Serikat. Paradoks ini pertama kali dipublikasikan di Majalah Parade pada 9 September 1990. Di Indonesia, bisa saja kita namakan paradoks aditya.
aturan permainan Super Deal 2 Milyar, cara bermain di Super Deal 2 Milyar, cara bermain di kuis Super Deal 2 Milyar, bermain di kuis Super Deal 2 Milyar, Super Deal 2 Milyar, , Kuis Super Deal 2 Milyar,

Lihat juga artikel berkaitan :
Kuis super deal 2 Milyar
Juara kusi super deal 2 Milyar
Bonus hadiah super deal 2 Milyar
Aturan permaianan kuis super deal 2 milyar

No comments:

Post a Comment