Saturday, August 14, 2010

Dokter orang GILA - Vonny Hadisubrata

 Siapakah dokter orang gila, dia adalah Vonny Hadisubrata

Vonny Hadisubrata luar biasa, dia adalah seorang dokter yang mengapdikan dirinya untuk merawat orang orang gila . simak kisahnnya.
Vonny Hadisubrata adalah dokter kecantikan sekaligus pemilik klinik Popon’s Beauty. Karena ia aktif dalam kegiatan gereja, ia bertemu dengan Pak Simon, pendiri Rumah Singgah Pondok Kasih. Pertenggahan tahun 2008, dokter Vanny diminta untuk menolong salah seorang pasien di Rumah Singgah Pondok Kasih yang menderita penyakit kulit. Saat itu ia merasa iba melihat kondisi para pasien yang ada di rumah singgah tersebut. Vonny mengaku kasihan melihat mereka yang hidup di jalanan, tidak mandi, dan tidak memiliki keluarga. Ia berpikir, mungkin sebelum menjadi pasien di rumah singgah tersebut, mereka mempunyai arti dalam keluarga. Sejak saat itulah, ia bertekad untuk mendedikasikan diri sebagai relawan medis di rumah singgah tersebut.

Awalnya, dokter Vonny hanya berperan sebagai konsultan kesehatan. Ia datang dua minggu sekali untuk memberikan perawatan medis kepada para pasien di rumah singgah. Namun, karena ia melihat kondisi tempat dan para pasien yang memprihatinkan, maka kunjungannya menjadi lebih sering. Seiring berjalannya waktu porsi bantuannya pun bertambah. Ia tidak hanya bertanggung jawab menangani masalah medis saja, tetapi juga mengurusi masalah administratif. Masalah honor misalnya, harus melalui persetujuannya. Sedangkan urusan teknis operasional sehari-hari di rumah singgah menjadi tanggung jawab Pak Simon.

Saat ini, ada 40 orang pasien yang tinggal di Rumah Singgah Pondok Kasih. Hal utama yang menjadi perhatian Vonny dalam mengurusi pasien di rumah singgah tersebut adalah kebersihan. Demi kesehatan pasien, ia mengganti peralatan makan yang tadinya menggunakan peralatan yang terbuat dari plastik menjadi stanlesteels. Selain itu, untuk kenyamanan pasien ia juga membantu Pak Simon membuat bangsal tidur. Vonny membagi bangsal menjadi dua bagian, satu khusus untuk laki-laki, dan satu khusus untuk perempuan.

 Vonny Hadisubrata, dokter  orang gila, orang gila, pengobatan orang gila
 
Rencananya di tahun 2010 ini, ia dan Pak Simon akan membuat satu bangsal lagi agar kapasitas bangsal di rumah singgah menjadi lebih banyak. Menurut Vonny, dengan dibangunnya bangsal yang baru akan lebih memanusiakan manusia, sehingga para pasien tidak merasa sesak. Vonny mengaku bahwa fasilitas medis untuk penyakit yang berat tidak tersedia di rumah singgah. Berdasarkan pengalamannya, ia pernah merawat seorang pasien bernama Abdul. Abdul harus diinfus karena tidak mau makan dan minum selama 13 hari, padahal fasilitas infus di rumah singgah tidak memadai. Abdul pun tidak dapat bertahan karena mengalami gagal. Kematian Abdul membuat Vonny sedih. Menurutnya, banyak rumah sakit umum di Indonesia yang tidak bersedia merawat pasien yang mengalami gangguan kejiwaan. Tetapi, ia tetap bertekad untuk menggandeng beberapa rumah sakit, sehingga jika pasien di rumah singgah membutuhkan pertolongan darurat bisa langsung dibawa dan ditangani dengan cepat.

 Vonny Hadisubrata, dokter  orang gila, orang gila, pengobatan orang gila

No comments:

Post a Comment